Apel Akbar Peringatan Hari Guru Nasional di Lapangan Canda Bhirawa Pare

Kediri, Jurnalis AN’S Crew – HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) diperingati setiap tahun pada tanggal 25 November yang bersamaan dengan Hari Guru Nasional (HGN). Apel akbar peringatan HGN dan HUT PGRI ke-78 di Kabupaten Kediri diikuti sekitar 7.000 guru pada setiap jenjang pendidikan yakni TK/RA, SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA yang berlangsung di Lapangan Canda Bhirawa Pare pada Sabtu (25/11/2023). Adapun peringatan HGN dan HUT PGRI ke-78 mengangkat tema “Guru Pembelajar, Bahagia Mengajar”. Wakil Bupati Kediri, Dewi Mariya Ulfa, S.T., mewakili Bupati Kediri bertindak selaku pembina apel. “Pada pagi hari ini, saya mewakili Bupati Kediri dapat menyapa panjenengan semua secara langsung 7.000 guru hebat di Kabupaten Kediri, bapak/ibu guru yang telah dengan tulus mendedikasikan dirinya untuk kemajuan pendidikan,” terangnya dalam sambutan.

Dalam apel akbar peringatan HGN dan HUT PGRI ke-78 kali ini dilakukan penyerahan Anugerah Satya Lencana Karya Satya bagi beberapa ASN guru dan pemberian apresiasi untuk juara umum Anugerah Guru Prima Jawa Timur Tahun 2023 yang diserahkan secara langsung oleh Wakil Bupati Kediri. Lebih lanjut, Dewi Mariya Ulfa, S.T., mengajak seluruh guru di Kabupaten Kediri untuk menjadikan momentum peringatan HGN dan HUT PGRI ke-78 sebagai upaya meningkatkan layanan pendidikan dengan tidak lupa tetap mengangkat budaya luhur  bangsa  dan mewujudkan Kediri yang berbudaya, karena melalui tangan guru-lah pemimpin- pemimpin masa depan bangsa akan terbentuk.

Apel akbar peringatan HGN dan HUT PGRI ke-78 ini terasa khidmat dengan diiringi tim paduan suara yang menyanyikan lagu Mars PGRI dan Hymne Guru. Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Guru MTsN 1 Kediri, Mohamad Misbahudin, M.Pd.I. Pada momen spesial ini dilengkapi dengan penampilan-penampilan yang spesial juga yang dibawakan secara kolaborasi oleh perwakilan guru pada setiap jenjang pendidikan di Kabupaten Kediri. Diantaranya pertunjukan Tari Remo yang dipersembahkan oleh 160 guru, selanjutnya pertunjukan Tari Kupu-Kupu Manis yang dipersembahkan oleh 350 guru yang tergabung dalam K3TK, IGTKI dan HIMPAUDI, serta terakhir terdapat pertunjukan Sendratari: Panji Laras yang dipersembahkan oleh 250 guru.

“Selamat Hari Guru Nasional 2023!! Semoga para guru terus berbahagia dalam menjalankan tugasnya untuk mencerdaskan dan menyukseskan generasi muda penerus bangsa.”

Fotografer: Hafidh Ulul Azmi (XI-D) & Ayudhia Hilmi Nabila (XI-B)│Videografer: Bagos Jati Pranata (XI-K)│Reporter: Hasna Muthia Al Fatma (X-A)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×