Home / Uncategorized / MAN 2 Kediri Bersiap Mengikuti Adiwiyata Tingkat Nasional Tahun 2021

MAN 2 Kediri Bersiap Mengikuti Adiwiyata Tingkat Nasional Tahun 2021

Kab. Kediri (MAN 2) – MAN 2 Kediri bersiap menuju ajang sekolah adiwiyata tingkat nasional tahun 2021. Setelah berhasil meraih predikat sekolah adiwiyata tingkat Kabupaten Kediri pada 2013 dan Provinsi Jawa Timur pada 2015.

Sosialisasi dan pendampingan penyusunan dokumen usulan adiwiyata telah dilaksanakan di Aula MAN 2 Kediri, Sabtu (24/4). Kegiatan tersebut diisi oleh dua narasumber, yaitu Bapak Nanang Hidayatullah, SE, Kasi PKL, bersama Bapak Sutikno dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kediri. Bapak Sutikno memaparkan materi tentang tahapan pelaksanaan gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS), mulai dari perencanaan (komponen 1), pelaksanaan (komponen 2), pemantauan dan evaluasi gerakan PBLHS (komponen 3). Selain itu, beliau menyampaikan kiat/trik untuk mencapai standar-standar menuju sekolah adiwiyata tingkat nasional pada setiap komponen. Dalam pelaksanaan sosialisasi tersebut diikuti oleh semua Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) MAN 2 Kediri yang sudah terbagi dalam 10 kelompok kerja (pokja). Setiap pokja memiliki tanggung jawab yang harus dikerjakan dan dilaporkan. Adapun pokja-pokja yang telah dibentuk adalah sebagai berikut.

  1. Kebersihan, fungsi sanitasi dan drainase, digerakkan oleh tim Bu Siti Fatimatus Zahro’, S.Pd., M.Pd.I
  2. Pengelolaan sampah, digerakkan oleh tim Bu Siti Zulaikah, S.Pd
  3. Penanaman dan pemeliharaan pohon/tanaman, digerakkan oleh tim Bapak A. Faiz Takhlisi, S.Ag
  4. Konservasi air, digerakkan oleh tim Bapak Drs. Ul Amin
  5. Konservasi energi, digerakkan oleh tim Bu Jumiatiningsih, S.Pd., M.Si
  6. Inovasi terkait penerapan PRLH lainnya, digerakkan oleh tim Bu Sulistyowati, SE
  7. Penerapan PRLH untuk masyarakat sekitar sekolah, digerakkan oleh tim Bu Lilik Yulaikah, M.MPd
  8. Membentuk jejaring kerja dan komunikasi, digerakkan oleh tim Bu Astutik, S.Pd
  9. Kampanye dan publikasi gerakan PBLHS, digerakkan oleh tim Bapak Nur Rokhman, S.Pd
  10. Membentuk dan memberdayakan kader adiwiyata, digerakkan oleh tim Bu Nurul Lathifah, M.MPd

Demi mengejar predikat madrasah adiwiyata tingkat nasional tahun 2021, MAN 2 Kediri juga mendatangkan rombongan tim adiwiyata dari MTsN 7 Kediri pada Senin (03/05). “Kami ingin tahu lebih jauh dan belajar dari MTsN 7 Kediri yang sudah berhasil dalam pengelolaan lingkungan di sekolah hingga kini menuju sekolah adiwiyata mandiri. Kami akan segera terapkan di madrasah untuk mempersiapkan maju adiwiyata nasional,” papar ketua adiwiyata, Bapak M. Istajib, M.Pd.I.

Dengan semangat yang tinggi serta sinergi berbagai pihak, baik guru, karyawan, siswa, dan wali murid MAN 2 Kediri, hingga masyarakat sekitar Kecamatan Purwoasri, kini telah menghadirkan berbagai program unggulan adiwiyata di MAN 2 Kediri. Sekolah adiwiyata bukanlah sebuah lomba untuk menang atau kalah tapi juga sebuah kewajiban karena lingkungan yang kita tempati harus kita jaga kelestariannya.

 

(by HUMAS MAN 2 Kediri)

 

About admin

Check Also

PEMBUKAAN KSMO PROVINSI JATIM 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *