Selayang Pandang

MAN Purwoasri Sekarang MAN 2 Kediri
Nama : Madrasah aliyah negeri Purwoasri Kediri

Alamat : JL. Pahlawan No. 66 Purwoasri Kab. Kediri

Visi Misi :

Visi : BERILMU, BERAMAL, BERAKHLAQUL KARIMAH, UNGGUL DALAM PRESTASI DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN.
Misi :
Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif dengan nuansa Islami.
Meningkatkan profesionalisme semua tenaga pendidik dan kependidikan.
Meningkatkan prestasi pada anak secara optimal.
Menanamkan dan mengamalkan perilaku Islami dalam kehidupan sehari-hari.
Menumbuhkan jiwa kompetitif kepada seluruh warga madrasah.
Sejarah : Berbicara tentang sejarah MAN Purwoasri, tidak terlepas dari sejarah berdirinya PP Al-Hikmah, sebab dulu MAN kita sendiri asal mulanya bernama Madrasah Mu’alimin berada dibawah naungan PP Al-Hikmah Purwoasri Kediri. Pondok pesantren Al-Hikmah ini didirikan oleh KH.Badrus Sholeh Arief (1918) pada tahun 1948. Beliau adalah salah satu dari sekian ulama’ yang gigih dan berani dalam mempertahankan prinsip kebenaran terutama dimasa akhir kependudukan Belanda dan dimasa awal kependudukan Jepang. Setelah berhasil mendirikan PP. Al-Hikmah kemudian beliau mendirikan lembaga pendidikan Islam. Diawali dengan mendirikan Madrasah Ibtida’yah (1948), lalu mendirikan “Kulliyatul Mu’allimin Islamiyah” dengan bantuan sang kakak, “KH. Abdul Fattah Nglawak Kertosono”, menyusul kemudian berdirilah Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah.

Sejak Awal didirikan lembaga Islam, PP Al-Hikmah telah mengalami beberapa perkembangan. Seperti halnya Kuliyatul Mu’allimin Islamiyah (1966-1968), statusnya berubah menjadi PGAN 6 tahun. Hal ini merupakan satu legitimasi Negeri terhadap lembaga tersebut. Sehingga pengelolaannya harus disamakan dengan status Negeri juga. Maka setelah itu berdirilah MAA (Madrasah Aliyah Al-Hikmah) yang secara resmi dibukukan dalam piagam Madrasah No. CIM 731251 C362, tanggal 1 April 1982.

Pada tahun 1978 keluarlah peraturan yang menghendaki bahwa PGAN 6 tahun berubah menjadi MTsN dan MAN. Hal ini berarti dalam lingkup PP terdapat 2 lembaga yang sama tingkatannya tetapi berbeda statusnya (Negeri dan Swasta), yaitu :

MAN – MADRASAH ALIYAH NEGERI (status Negeri, masuk pagi)
MAA – MADRASAH ALIYAH AL-HIKMAH (status swasta, masuk sore)
Keadaan seperti ini membawa dampak yang kurang menguntungkan bagi perkembangan MAA. Sebab sebagian masyarakat ada yang beranggapan bahwa sekolah Negeri lebih berkualitas daripada sekolah swasta. Karena itulah berbagai upaya pun ditemph untuk mengoptimalkan kembali keberadaan Madrasah. Diantaranya adalah memindahkan MAN (dari PP Al-Hikmah dipindah ke Jln. Pahlawan No.66 Purwoasri) tahun 1988.

EksKul : Olahraga, PMR, Pramuka, Kesenian Dll.

Fasilitas : Lapangan, UKS, Masjid, Laboratorium Dll.

Informasi selanjutnya klik di : http://man2kediri.sch.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *